Direktur Utama Padigital: Penurunan Harga Gabah Mengindikasikan Produksi Dalam Negeri Berlimpah

Direktur Utama Padigital: Penurunan Harga Gabah Mengindikasikan Produksi Dalam Negeri Berlimpah

JAKARTA, Matahari.tv — Direktur Utama Padigital sekaligus Ketua Dewan Pakar Persatuan Pengusaha Penggilingan Padi dan Beras Indonesia (Perpadi), Pamrihadi Wiraryo mengatakan bahwa saat ini terjadi penurunan harga beras yang disebabkan panen raya di sejumlah daerah.

Menurutnya, penurunan harga ini mengindikasikan bahwa produksi dalam negeri dalam kondisi berlimpah. Bahkan dia menyebut kondisi ini sangat luar biasa mengingat Agustus dan September biasanya terjadi penurunan yang menyebabkan harga beras melambung tinggi.

“Penurunan harga gabah disejumlah daerah utamanya di Sulawesi Selatan mengindikasikan bahwa produksi dalam kondisi berlimpah. Kondisi ini menjadi luar biasa, karena terjadi di Bulan Agustus dan September yang biasanya selalu terjadi penurunan produksi dan menyebabkan pasokan ke pasar terganggu hingga harga dipasaran melambung tinggi,” ujar Pamrihadi, Rabu, 4 September 2024.

Mengenai hal ini, Pamrihadi mengapresiasi upaya para petani yang terus berproduksi di tengah Kekeringan panjang akibat gelombang panas ganas. Disisi lain, dia juga mengapresiasi bantuan pompanisasi yang digencarkan Kementerian Pertanian secara merata di seluruh Indonesia.

“Saya kira ini patut diapresiasi, tidak hanya petani yang bekerja keras untuk berproduksi, namun juga pemerintah dalam hal ini kementerian pertanian yang secara massif mendistribusikan bantuan seperti pompa dan pendampingan kepada petani untuk menggenjot produksi ditengah terpaan El Nino,” katanya.

Sebagaimana diketahui, penurunan harga tahun ini merupakan anomali karena disaat bersamaan Indonesia tengah dilanda kekeringan panjang akibat gelombang panas terparah di sepanjang sejarah dan mengakibatkan harga beras di musim kering mengalami kenaikan akibat gagal panen.

“Di lapangan memang terjadi penurunan harga sehingga data yang ada saat ini menggambarkan penurunan harga gabah. Jadi survei BPS di beberapa wilayah memang benar terjadi penurunan harga,” katanya.

Berdasarkan catatannya, Menurut Pamrihadi, panen raya berlangsung di Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) seperti di Kabupaten Sidrap dan Pare Pare yang mengakibatkan harga gabah kering panen (GKP) di sana bisa dibeli dengan harga Rp. 6.000 perkilogram.

Contoh lainya, kata dia, harga gabah di Jalur Sumatera Selatan dan Lampung juga berada di kisaran Rp. 6.800 perkilogram, meski terjadi kenaikan di Pulau Jawa yang berada di kisaran Rp. 7.000 perkilogram.

“Karena itu para penggilingan padi di Pulau Jawa berharap harga GKP bisa turun ke harga Rp. 6.500 mengingat dengan harga sebesar itu penggilingan mengalami kerugian,” katanya.

Sebelum Deputi Bidang Statistik Distribusi dan Jasa BPS, Pudji Ismartini mengatakan bahwa harga gabah di tingkat petani atau gabah kering panen (GKP) pada Agustus 2024 turun sebesar 1,15 persen secara bulanan (MtoM) dan naik sebesar 10,10 persen secara tahunan (YonY).

Pudji mengatakan, penurunan rata-rata harga beras terjadi di seluruh Indonesia yang mencakup berbagai jenis kualitas seperti medium maupun premium. Menurut dia, penurunan ini terjadi karena sebagian wilayah sentra tengah memasuki masa panen raya. Sementara kenaikan harga di sejumlah daerah terjadi karena umumnya tidak dalam masa panen raya.

“Survei ini mencakup 1.853 observasi transaksi penjualan gabah di 26 Provinsi dan dari 89,21 persen observasi kualitas GKP dan GKG terdapat 11.07 persen haga dibawah HPP,” katanya.

Sebagaimana diketahui, pemerintah melalui Kementerian Pertanian tengah menggenjot percepatan produksi lewat program perluasan areal tanam PAT baik melalui optimalisasi lahan maupun pompanisasi sebagai solusi cepat meningkatkan indeks pertanaman dari yang hanya satu kali menjadi dua bahkan tiga kali dalam setahun. Dukungan ini diharapkan dapat mendorong pertanian Indonesia tantangan perubahan iklim di masa depan.

TAGS
Share This