Songsong Pilkada, LKiS Bersama Koalisi Lintas Isu Yogyakarta Jaring Aspirasi

Songsong Pilkada, LKiS Bersama Koalisi Lintas Isu Yogyakarta Jaring Aspirasi

Yogyakarta, Matahari.tv — Guna memberikan masukan dan rumusan persoalan yang dialami warga Yogyakarta, Yayasan Lembaga Kajian Islam dan Sosial (LKiS) bersama Koalisi Lintas Isu menyaring aspirasi masyarakat yang akan disampaikan kepada Kepala Daerah yang terpilih dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024.

“Untuk menjawab berbagai isu sosial di tengah – tengah masyarakat kita perlu berkolaborasi memecahkan masalah secara bersama. Dan Pilkada 2024 merupakan momen krusial bagi masyarakat dalam menentukan peminpin daerah yang tepat dan sesuai dengan harapan mereka” terang Manager Program Yayasan LKiS, Tri Noviana, di Hotel Museum Batik dalam Bincang Rencana Agenda Berbasis Aspirasi Suara Warga, Rabu (28/8/2024).
Menurutnya Pilkada bisa menjadi momen penting bagi masyarakat untuk menyalurkan hak – hak politiknya. Selain itu bisa menjadi penentu keberlangsungan pemerintahan dalam lima tahun ke depan.

Noviana menambahkan LKiS bersama Koalisi Lintas Isu sejak bulan November 2023 telah mengumpulkan dan menghimpun catatan aspirasi. Dimana aspirasi ini dihimpun dari seluruh DIY.

Sementara Vitrin Haryanti dari Koalisi Lintas Isu membeberkan persoalan sosial di masyarakat masih banyak yang kurang mendapat perhatian oleh pemangku kepentingan. Seperti pengelolaan sampah, kerusakan lingkungan, tempat parkir, jaminan sosial ketenagaan kerja hingga persoalan pelayanan publik.

Menurut Vitrin pengelolaan sampah masih ditemukan banyak perusahaan yang belum sepenuhnya mengelola sampahnya.

“Selain hal di atas, banyak isu sosisl yang disampaikan warga selama LKiS dan Koalisi Lintas Isu melakukan penyaringan aspirasi. Kami berharap suara aspirasi masyarakat yang kami rumusan ditindaklanjuti pemimpin daerah yang terpilih dalam Pilkada nantinya” tandasnya.

TAGS
Share This