Melalui Teknologi Irigasi Tetes, Kodim 0508/Depok Ubah Lahan Tidur Menjadi Subur

Melalui Teknologi Irigasi Tetes, Kodim 0508/Depok Ubah Lahan Tidur Menjadi Subur

Depok, matahari.tv – Teknologi irigasi tetes menjadi bagian penting untuk dapat mengalirkan air kelahan pertanian.

Seperti halnya yang dilakukan Kodim 0508/Depok yang memanfaatkan lahan tidur di jalan Juanda, Kota Depok menjadi lahan produktif dan bermanfaat bagi masyarakat.

Lahan tidur tersebut dibuat menjadi lahan pertanian, dengan menanam tanaman produktif yang dibutuhkan masyarakat.

Tentunya lahan pertanian yang ada ini membutuhkan air, untuk itu Kodim 0508/Depok berupaya mengalirkan air dari sungai ke lahan pertanian tersebut, dengan menggunakan teknologi irigasi tetes.

Koordinator Urban Farming Kodim 0508/Depok Kapten Agung Bintoro mengatakan diwilayah perkotaan sumber air sangat terbatas. Untuk melaksanakan penanaman pohon yang membutuhkan air, maka perlu ada teknologi untuk mendapatkan air.

“Disini kami menggunakan irigasi tetes, yang dirancang untuk memudahkan mendapatkan air,” kata Kapten Agung Bintoro.

Lebih lanjut ia menjelaskan, dengan menggunakan paralon 2 inci serta menggunakan mesin air, paralon tersebut dihibungkan melalui lumbung air, sehingga air dapat langsung dialirkan ke Urban Farming.

Teknologi irigasi tetes ini digunakan dalam sistem pertanian saat ini, dimana Irigasi tetes dapat menghemat air, dengan membiarkan air menetes langsung ke akar tanaman melalui permukaan tanah atau langsung ke akar tanaman dengan menggunakan jaringan pipa.[*]

Dok Youtube Kodim 0508/Depok

TAGS
Share This